hhshgsh

uygih

Minggu, 13 Januari 2013

artikel kegiatan



Mahasiwi D III Kebidanan Fikes Unigal Praktek dilapangan

Kamis,10 Januari 2013, 6 mahasiswi D 3 Kebidanan tingkat II Fakultas ilmu Kesehatan Rini, Siti Dde, Asri, Dini.Ria dan selly bersama dosen pembimbing mata kuliah promosi kesehatan Ana Samiatul Millah,S.KM,.M.MKes menyelenggarakan penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja di SMPN 1 Baregbeg, diikuti oleh 80 siswi kelas  9. Acara ini diselenggrakan dalam rangka ujian peraktek mata kuliah promosi kesehatan, berlangsung dari pukul 13.00 sampai dengan 15.30, mereka mengungkapkan lebih menyenangkan dan mengesankan kuliah dilapangan.
“Remaja Indonesia,,!!!” teriak semangat MC Rini Indriyani serentak para siswi menjawab penuh semangat dengan gerak-gerik tubuhny “ Sehat,,, Cerdas,,, Berakhlaq,, and Gaul…” nah, itulah jargon kegiatan yang memancing semangat para siswi di tengah-tengah siang bolong. Semua siswi tetap semangat antusias mengikuti runtutan seluruh kegiatan acara.
Sambutan pertama oleh kepala sekolah SMPN I Baregbeg, memberi sambutan penuh makna akan pentingnnya mulai memahami kesehatan reproduksi sejak dini dan mampu menginplementasikan dalam keseharian, beliau Memberi apresiasi atas kedatangan mahasiswi D3 Kebidan Universitas Galuh. Dilanjut oleh sambutan dosen pembimbing mata kuliah promosi kesehatan Ana Samiatul Milah,S.KM,.M.MKes beliau mengungkapkan kebanggaanya terhadap mahasiwi-mahasiswinya  atas ide creative mereka mengadakan acara itu, mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak sekolah dan siswi-siswi yang hadir.
Semangat semakin menggelora, saat materi inti disampaikan oleh salah satu mahasiswi D III Kebidanan tingkat II semester 3 Siti Dede . Materi disapaikan penuh inspirasi dan bersahabat membuat siswi-siswi tidak jenuh mendengarkannya. Kesehatan reproduksi remaja sangat penting diketahui oleh remaja sejak dini untuk mengetahui , peran dan fungsi organ reproduksi yang sesungguhnya sehinnga meninmbulkan sikap yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan reproduksi tersebut. Siswa memahami akan pentingnya kesehatan reproduksi ,sehat secara fisik, emosional, mental dan social yang berkaitan dengan system, peran dan fungsi organ reproduksi. Mengenalkan perubahan-perubahan fisik dan psikis pada masa remaja dan mengenal keremajaanya.Menekankan kasus PMS (Penyakit Menular Seksual), HIV/AIDS, dan PHBS ( Pola Hidup Bersih dan Sehat).
Disesi terakhir materi, disuguhkan sesi Tanya jawab, semua siswi berkeinginan bertanya ataupun ditanya panitia, karena 3 hadiah bingkisan kado sepecial menanti, dan semuanya berebutan menginginkanny. Dan yang beruntung hanya orang-orang yang berani menjawab maju kedepan yaitu Dela ( Ketua Osis ) dan 2 orang sahabatnya Heni, Alya.
Pukul 13.15 pemamparan materi selesai, Kegiatan penyuluhan akan ditutup.semangat peserta masih tetap, karena terus dan terus dipacu oleh jargon-jargon yang disungguhkan panitia. “Luar biasa sangat mengesankan kini kami banyak tau akan pentingnya organ reproduksi kita harus benar-benar dijaga sebaik-baiknya.” ujar salah satu siswi sambil mengcungkan leflet materi penyuluhan. Acara ini ditutup dengan penyematan piagam ucapan terimaksih kepada lembaga sekolah dan Mushopahah bersama.      
                                                                                     
Oleh : Siti Dede Adawiyah
        D III Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Galuh

                                                           

2 komentar:

  1. like it.... maju terus... bersatu kita teguh, bercerai kita brantakan

    BalasHapus